Senin, 14 Maret 2011

Macan Kemayoran Terkam Beruang Madu (13 Maret 2011 Stadion GBK)

Persija Jakarta mengawali laga perdana putaran kedua Superliga Indonesia 2010/11 dengan meyakinkan setelah menggilas Persiba Balikpapan 5-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu [13/3].

Tambahan tiga poin itu mengangkat posisi Persija ke peringkat tiga klasemen sementara dengan raihan nilai 29. Persija menggeser Persiwa Wamena dengan keunggulan tiga angka. Namun tim Macan Kemayoran masih berselisih sembilan poin dari pemuncak klasemen Persipura Jayapura.

Bagi Persiba, kekalahan ini membuat laga perdana mereka di putaran kedua tidak mulus. Tim Beruang Madu tertahan di peringkat 12 dengan nilai 18.

Dalam pertandingan ini, Persija sebagai tuan rumah mengambil inisiatif untuk menekan pertahanan tamunya lebih dulu guna mencari gol cepat. Sedangkan Persiba mengandalkan serangan balik untuk mengejutkan pertahanan Persija.

Upaya itu membuahkan hasil ketika pertandingan memasuki menit kesepuluh. Tusukan M Ilham di sisi kiri pertahanan Persiba, dan melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Bambang Pamungkas langsung mendorong bola ke gawang Persiba.

Persiba yang tertinggal satu gol berusaha menyamakan kedudukan. Serangan balik yang dikembangkan tim besutan Haryadi itu sejak awal laga beberapa kali mengancam pertahanan Persija.

Upaya tim tamu membuahkan hasil pada menit ke-29 melalui Aldo Baretto. Menyambut umpan silang dari sisi kanan serangan Persiba, Aldo sempat menahan bola dengan dada sebelum menceploskan si kulit bundar ke gawang Hendro Kartiko.

Persija bangkit untuk kembali unggul. Namun serangan Persiba menjadi kendala bagi tuan rumah. Bahkan, Persiba nyaris unggul menjelang babak pertama berakhir. Sayangnya, tendangan keras Asri Akbar dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Di babak kedua, Persija tidak mengendurkan serangan mereka ke pertahanan Persiba. Sebaliknya, tim tamu terpaksa bermain bertahan mengantisipasi tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan kubu Persija.

Tekanan itu akhirnya membuahkan gol pada menit ke-55 melalui gol bunuh diri kapten tim Mijo Dadic ketika mencoba menghalau crossing M Ilham dari sisi kiri pertahanan Persiba.

Gol bunuh diri itu cukup memberikan pengaruh kepada performa. Akibatnya, Agu Casmir memperbesar keunggulan di menit ke-61 lewat aksi solo run. Namun selang satu menit kemudian, Agu ditarik keluar karena mendapat cedera usai merayakan selebrasi gol, dan digantikan Aliyuddin.

Dominasi Persija tidak berhenti. Tim Macan Kemayoran semakin memperbesar keunggulannya. Setelah memberikan assist dan mengawali proses terjadinya gol bunuh diri, M Ilham menjebol gawang Persiba.

Persiba sempat mengancam gawang Persija ketika Sultan Samma mendapat peluang mencetak gol. Namun tendangannya masih diblok Hendro.

Selang satu menit kemudian, giliran Aliyuddin yang mendapat peluang emas. Kendati berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tendangannya masih mudah dipatahkan. Aliyuddin akhirnya mencetak gol menjelang pertandingan berakhir. Pluit panjang yang ditiupkan wasit asal Malaysia Suhaizi bin Shukri menutup laga dengan skor 5-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar