Sabtu, 27 Agustus 2011

Finalisasi Verifikasi Persija Masih Tertahan


Permasalahan klasik kembali muncul di tubuh internal Persija menjelang dimulainya musim kompetisi baru 2011/2012, setelah proses Rapat Umum Anggota (RUA) Persija yang berjalan “hampir mulus” pada bulan Juli 2011 yang lalu dan memutuskan Bapak Ferry Paulus sebagai ketua umum Persija yang baru, kali ini Persija didera permasalahan internal seputar pendaftaran dua Perseroan Terbatas (PT) yang mengatasnamakan Persija ke PSSI sebagai syarat keikutsertaan Persija di Liga Profesional nantinya, PSSI sendiri mengaku telah menerima pendaftaran kedua PT tersebut atas nama PT. Persija Jaya Jakarta (PJJ) dari pihak Bapak Ferry Paulus dan PT. Persija Jakarta (PJ) dari pihak Bapak Hadi Basalamah & Bapak. Bambang Sucipto, permasalahan muncul tatkala PSSI mensyaratkan hanya satu PT saja yang boleh mewakili Persija sebagai badan hokum yang sah sebagai syarat mengikuti kompetisi musim 2011/2012 nantinya.

Masalah ini kemudian menjadi krusial setelah PSSI ternyata mensahkan kedua PT tersebut dan menyerahkan kepada internal Persija untuk menyelesaikan konflik ini dalam menentukan siapa yang berhak nantinya terdaftar di PSSI mewakili Persija berdasarkan aspek legalitasnya, Jak Online sendiri menilai hal ini semestinya bisa diselesaikan dengan baik jika PSSI juga mempunyai “Good Will” dengan melakukan verifikasi berdasarkan 5 aspek yang belakangan ini gencar disosialisasikan oleh PSSI sendiri, dari 5 aspek dan aspek tambahan lainnya yang berjumlah sekitar 15 aspek sebagai syarat pendukung klub untuk mengikuti kompetisi professional yang akan diselenggarakan oleh PSSI nantinya, PT. Persija Jaya Jakarta (PJJ) bahkan telah melengkapi dengan 3 aspek tambahan yang diantaranya adalah dengan diterbitkannya Conformation Letter from Local Government. Dari pemerintah DKI Jakarta yang sekaligus menjadikan PT. Persija Jaya Jakarta, merupakan satu-satunya yang mendapat dukungan dari Pemerintah setempat dimana klub yang bersangkutan berdomisili.

Jak Online sendiri menilai hal ini lebih kepada kebijakan PSSI yang tidak konsisten menjalankan keputusannya terhadap kelima aspek persyaratan yang telah ditetapkan oleh PSSI sendiri, semestinya Tim Verifikasi PSSI melakukan pemeriksaan data dari 5 aspek klub profesional PT. PJJ & PT. PJ secara FAIR & ADIL tanpa berpolemik dan terkesan mengambangkan (baca : Membiarkan) terjadinya polemik yang tidak perlu dan hanya memberikan Persija deadline hingga Rabu sore ini, 24/8 untuk menyelesaikan permasalahan internalnya sendiri untuk mendaftarkan satu PT atau tidak sama sekali yang artinya Persija tidak dapat mengikuti kompetisi profesional jika tetap terdaftar atas nama 2 PT sehingga ada anggapan 2 PT ini digiring ke arah merger, namun info terakhir yang diterima Jak Online, saat ini PT. PJ pimpinan Bapak Hadi Basalamah & Bambang Sucipto sedang melakukan koordiansi untuk membubarkan PT. PJ.

Menurut sepengetahuan Jak Online, untuk Aspek Finance seperti neraca rugi/laba tim dan Panpel Persija saat ini hanya dimiliki oleh PT. PJJ yang bersumber langsung dari manajemen Persija musim 2010/2011 yang lalu, mengenai Aspek Legal, kontrak Tim Senior dan U.21 musim lalu dan. kontrak dengan Tim untuk musim 2011/2012 juga telah disiapkan oleh PT. PJJ, kemudian Aspek Personel, PT. PJJ juga sudah mempunyai kontrak dengan Direksi dan Officer, selanjutnya Aspek Infra Struktur, PT. PJJ telah mengantongi jaminan Home Ground dari SUGBK untuk Persija nantinya, belum lagi Jaminan Training Ground dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dispora (Ragunan & Ciracas) yang tidak dimiliki oleh PT. PJ usungan Bapak Hadi Basalamah & Bapak Bambang Sucipto, berlanjut ke Aspek Sporting, PT. PJJ nantinya juga akan menggunakan Tim U.21 Persija yang telah terbentuk dari klub-klub internal Persija dan amsih banyak lagi aspek-aspek lainnya yang tidak dimiliki oleh PT. PJ usungan Bapak Hadi Basalamah & Bapak Bambang Sucipto, sementara PT. PJJ yang didaftarkan oleh Bapak Ferry Paulus telah memenuhi persyaratan seperti yang telah diminta oleh PSSI.

Kesimpulannya, jika berdasarkan atas kesiapan dari ke-5 aspek yang disyaratkan oleh PSSI, PT. Persija Jaya Jakarta yang didaftarkan oleh Bapak Ferry Paulus adalah sangat jelas merupakan PT yang paling SIAP dan LAYAK untuk menjadi PT yang terdaftar di PSSI mewakili klub Persija Jakarta dalam mengikuti kompetisi Profesional PSSI nantinya, The Jakmaniapun juga memberikan dukungannya kepada PT. PJJ dan turut hadir bersama Jak Online dan komunitas-komunitas lainnya di kantor PSSI pada Selasa kemarin, 23/8 dalam proses verifikasi Persija di kantor PSSI di GBK sebagai bentuk dukungannya terhadap PT. PJJ dan memang dari semua aspek yang disyaratkan oleh PSSI rasanya PT. PJJ yang paling layak terdaftar, kecuali PSSI memiliki “Skenario” lain kepada klub Persija Jakarta.

sumber: jakonline (jakmania.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar