Jumat, 12 Agustus 2011

Ini Alasan Timnas Tinggalkan Cilegon

Pemusatan latihan timnas akan dipindahkan ke Solo, Jawa Tengah.


Keputusan PSSI memindahkan pemusatan latihan timnas Pra Piala Dunia (PPD) 2014 dari Jakarta ke Cilegon, Banten tak sesuai harapan. Alih-alih mendapatkan hasil maksimal, program latihan yang direncanakan kurang maksimal.

Firman Utina dan kawan-kawan tidak bisa menggelar latihan malam hari karena minimnya fasilitas pencahayaan yang ada di stadion Karakatau Steel. Dengan kondisi ini, selama sepekan Firman Utina cs hanya berlatih satu sesi per harinya.

"Dengan situasi Ramadan saat ini, tentu kami harus menggelar latihan malam hari. Tapi lampu stadion tidak memadai untuk penerangan dalam latihan. Ini akan membahayakan para pemain jika dipaksakan berlatih dengan pencahayaan seperti ini, sehingga kami akan pindah ke lapangan lain," ujar Pelatih Kepala Timnas, wim Rijsbergen Rabu, 10 Agustus 2011.

Selain ketiadaan sesi latihan malam hari, program latihan Timnas di tepi pantai pun gagal terlaksana. Hal ini akibat jalur lalu lintas dari penginapan pemain menuju pantai rusak parah. Sehingga memakan waktu perjalanan yang cukup lama.

Dengan situasi seperti ini, Pemusatan latihan pun terpaksa dipindahkan ke Kota Solo yang dianggap memiliki sarana yang lebih baik. Rencananya, timnas akan bertolak dari Cilegon menuju Solo pada hari Jumat, 12 Agustus 2011.

Timnas sendiri akan menjalani pemusatan latihan di Solo hingga tanggal keberangkatan menuju Amman, Yordania, yang direncanakan pada tanggal 23 Agustus 2011. Namun saat di Solo nanti, Timnas akan menjalani dua laga ujicoba Timnas senior, yakni melawan Timnas U23 dan melawan Timnas Palestina.

Asisten pelatih, Liestiadi menambahkan dengan pemindahan lokasi pemusatan latihan ke Solo diharapkan latihan malam hari dapat digelar. "Dengan pindah ke Solo, bisa kemungkinan sewaktu-waktu kita latihan malam hari. Tapi ini akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pelatih fisik, apakah kondisi pemain bisa melakukan latihan malam," ujar Liestiadi.

Sementara itu, untuk memaksimalkan waktu yang tersisa, Wim Rijsbergen menegaskan akan menginstruksikan Firman Utina cs untuk langsung menjalani latihan setibanya di kota Solo, pada Jumat sore di stadion Manahan.

sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar