Rabu, 03 Agustus 2011

Klub LPI Tak Bisa Langsung Ke Liga Profesional Tertinggi


Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC menegaskan klub-klub yang bisa berlaga di liga profesional kasta tertinggi harus memenuhi lima syarat utama yaitu, aspek hukum, keuangan, infrastruktur, personel dan sporting.

Jika mengacu pada ketentuan itu, hanya ada enam klub dari Liga Super Indonesia yang memenuhi syarat. Presentasi mengenai persyaratan klub profesional dan format kompetisi disampaikan oleh Direktur Kompetisi AFC Suzuki Tokuaki dan empat rekanya.

"AFC sudah menjelaskan bagaimana syarat-syarat klub profesional. Kalau berdasarkan peraturan AFC, hanya enam klub yang bisa berlaga di liga profesional," ujar Tonny Apriliani anggota Komite Eksekutif PSSI di sela-sela acara Assesment Workshop AFC di Jakarta, Rabu (3/8/2011).

Tonny menjelaskan, semua klub yang akan masuk liga profesional harus melalui tahapan dari bawah. Klub-klub LPI pun tidak bisa langsung masuk ke liga profesional.

"Semua klub harus melalui tahapan-tahapan menuju profesional. Klub LPI pun saya pikir tidak bisa langsung ke liga profesional," tegas Tonny.

Tonny menilai, saat ini adalah momen terbaik untuk membenahi sistem kompetisi sepak bola Indonesia. Semua klub harus dibuka kondisinya sehingga bisa diketahui kekuranganya dan kemudian dibenahi. Selama ini, klub-klub terlalu diproteksi sehingga tidak tahu apa yang harus dibenahi supaya bisa menjadi klub profesional.

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar