Jumat, 19 Agustus 2011

PSSI Hentikan Program Naturalisasi

Limbong berharap proses naturalisasi pemain asing yang sedang berjalan dihentikan.

PSSI akan menghentikan program naturalisasi pemain asing untuk memperkuat tim nasional Indonesia. Program perekrutan pemain asing yang berjalan sejak kepengurusan PSSI era Nurdin Halid ini dinilai sebagai bukti kegagalan berjalannya kompetisi yang baik.

"Mulai sekarang penghentian program naturalisasi. Kami berharap membangun Timnas kuat dari hasil kompetisi yang baik. Kalau Timnas selalu bertumpu kepada naturalisasi, untuk apa digelar kompetisi," ujar Penanggung Jawab Timnas, Bernhard Limbong, di kantor PSSI, Kamis 18 Agustus 2011.

Mengenai sejumlah pemain asing yang telah merampungkan proses naturalisasi mantan Wakil Ketua Komisi Disiplin PSSI era Nurdin Halid tersebut menegaskan, "Yang sudah, sudah tidak apa-apa. Tapi kalau masih dalam proses naturalisasi, lebih baik dihentikan saja. Tidak ada gunanya itu. Ke depan, Timnas tidak akan menggunakan pemain naturalisasi."

Mengenai penggunaan pemain naturalisasi di skuad Timnas, Bernhard menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan pelatih Timnas. Saat ini setidaknya ada sejumlah naturalisasi yang membela tim Merah Putih, baik Timnas senior maupun U-23.

"Tergantung pelatih. Kalau berkualitas, silakan dimainkan. Tapi hati kecil saya, lihat-lihat dulu lah," pungkas Bernhard.

Setidaknya ada sejumlah pemain asing yang sedang dalam proses naturalisasi saat ini, yakni Victor Igbonefo (Persipura Jayapura), Greg Nwokolo (Persija Jakarta), Toni Cusel, Stefano Lilipaly, Serginho Van Dijk dan Jhony van Beukering.

Sebelumnya Timnas indonesia sudah menggunakan jasa pemain naturalisasi , yakni Christian Gonzales, Kim Jeffry Kurniawan, Diego Michiels, Joey Soek dan Ruben Wuarbanaran.

sumber: vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar