Senin, 08 Agustus 2011

Syarat Klub LPI Tembus Kompetisi PSSI

Setiap klub diwajibkan memenuhi lima aspek klub profesional.

Klub-klub yang selama ini berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI) dibolehkan ikut mengajukan dokumen persyaratan klub profesional yang diminta oleh PSSI. Namun, bukan berarti tim-tim yang baru berusia setengah musim itu secara otomatis bisa berlaga di kompetisi resmi PSSI musim depan.

Koordinator Kompetisi yang juga anggota Exco PSSI, Sihar Sitorus, mengatakan pengajuan dokumen ini ditunggu paling lambat 22 Agustus 2011. Setiap klub diwajibkan memenuhi lima aspek klub profesional yang meliputi aspek legal, keuangan, infrastruktur, SDM dan aspek sporting.

Lebih jauh Sihar mengatakan, tim-tim yang akan mengajukan dokumen persyaratan klub profesional ini berasal dari Divisi Utama, Liga Super Indonesia (ISL), dan klub LPI. PSSI selanjutnya akan melakukan verifikasi terhadap berkas klub sebelum mengumumkan hasilnya pada 25 Agustus 2011.

"Tim-tim yang dianggap memenuhi kelima aspek yang diminta berhak untuk berlaga di liga profesional musim depan," kata Sihar sitorus dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Meski demikian, Sihar menegaskan bahwa tidak seluruh klub yang lolos verifikasi otomatis bisa berlaga di liga profesional. Sebab, kompetisi yang berada di bawah payung PSSI hanya boleh diikuti oleh klub anggota saja.

"Untuk klub-klub profesional yang belum anggota PSSI tentu tidak bisa langsung ikut kompetisi musim depan. Seperti klub-klub LPI, mereka harus merger dengan salah satu klub anggota PSSI. Seperti apa pengelolaannya, itu tergantung kesepakatan kedua tim itu nantinya," ujar Sihar.

Liga Primer Indonesia (LPI) adalah liga yang digagas oleh pengusaha-politisi Arifin Panigoro. Liga yang diikuti oleh 20 klub ini sempat dianggap ilegal oleh kepengurusan PSSI sebelumnya dan dicap sebagai breakaway league oleh FIFA.

Sampai saat ini LPI baru menyelesaikan setengah musim kompetisinya. Untuk sementara klub Persebaya 1927 memimpin puncak klasemen disusul Persema Malang sebagai runner up dan PSM Makassar di posisi ketiga.

sumber: VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar