Minggu, 04 Maret 2012

Cukur Persiba, Eksperimen Iwan Berjalan Mulus

Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persiba Balikpapan 4-0.

Persija Jakarta berhasil mengalahkan tamunya Persiba Balikpapan 4-0 dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Minggu, 4 Maret 2012. Pelatih Persija, Iwan Setiawan mengaku kalau ekseperimen yang dilakukannya dalam laga ini berjalan mulus.

Menurut Iwan, dalam laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta itu mengubah formasi Macan Kemayoran. Bila sebelumnya Persija biasa turun dengan skema 4-2-3-1, maka kali ini Iwan mencoba menerapkan skema 4-4-2.

"Saya mencoba berspekulasi pada pertandingan tadi dengan menggunakan formasi 4-4-2 yang sebelumnya tidak pernah digunakan. Hasilnya mengejutkan. Kami berhasil mengamankan poin penuh di kandang," ujar Iwan usai pertandingan sore tadi.

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, Iwan mengaku kerap menerapkan Bambang Pamungkas sebagai second striker. Selain menyerang, Bepe biasanya diminta ikut membantu pertahanan. Selain itu, Iwan juga menempatkan Hasyim Kipuw di posisi aslinya sebagai bek sayap.

"Tapi sebelum laga tadi, saya minta dia (Bepe) hanya fokus mencetak gol, tidak perlu ikut memikirkan pertahanan," katanya.

"Ada beberapa lagi yang memang dicoba. Misalnya Hasim Kipuw yang saya tempatkan ke full back kanan. Itu memang posisi aslinya. Beberapa perubahan itu ternyata sukses. Saya berterimakasih terhadap kerja keras pemain," ujar mantan pelatih PSMS itu.

Kemenangan yang diraih Persija dalam laga ini memang membuat Iwan mulai berpikir untuk meninggalkan skema lama. Namun Iwan belum bisa memastikan apakah skema tersebut cocok untuk menghadang Persegres Gresik di laga selanjutnya.

"Kami akan lihat dulu, pelajari dulu bagaimana pertandingan tadi. Mungkin saja skema saat ini akan terus digunakan Persija. Tapi saya belum bisa memastikan apakah ini juga cocok digunakan untuk melawan Gresik." (ren)


• VIVAbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar