Kamis, 09 Februari 2012

Keamanan Persija vs Persipura Diperketat

Sebanyak 1.000 aparat keamanan dari kepolisian dan TNI akan dikerahkan mengawal laga ini.

Tuan rumah Persija Jakarta akan meningkatkan pasukan keamanan saat timnya bertemu Persipura Jayapura, Selasa, 3 Februari 2012. Macan Kemayoran tak ingin insiden yang menimpa pertandingan lawan Persiwa Wamena terulang dalam laga ini.

Saat bertemu Persiwa, panpel Persija sempat kecolongan dengan masuknya suporter tim tamu ke dalam lapangan. Mereka sempat mengejar wasit Setyono yang memberikan penalti kepada Persija. Akibat amukan penonton Persiwa, laga sempat tertunda 30 menit.

Persija tidak ingin kejadian ini terulang. Ketua Umum Persija, Ferry Paulus mengatakan akan mengerahkan aparat keamanan dengan jumlah yang lebih besar ke Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Menurutnya, sebanyak 1000 personel TNI dan kepolisian dibantu dengan petugas kemanan stadion akan mengamankan bigmatch ini.

"Selain berkoordinasi dengan panpel setempat, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan, dalam hal ini TNI dan Polri. Mereka rencananya akan meningkatkan jumlah personel yang disiagakan dalam laga nanti hingga mencapai 1000 personel," ujar Ferry saat dihubungi VIVAbola, Senin 6 Februari 2012.

Selain mencegah aksi anarkis suporter, pengerahan pasukan juga dimaksudkan untuk mengawal jalannya pertandingan secara keseluruhan. Pasalnya, Persija Vs Persipura ini diperkirakan bakal menyedot perhatian warga Yogjakarta dan sekitarnya.

"Sudah ada mekanismenya bagaimana pengamanan itu akan diterapkan. Pokoknya semua akan lebih diperketat. Mulai dari tempat menginap pemain, sampai di dalam stadion," jelas Ferry.

Menurut Ferry, ricuh yang sempat mewarnai duel Persija vs Persiwa sebenarnya sudah diantisipasi. Persoalan ini kemudian menjadi perhatian serius kepolisian untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, termasuk dengan melengkapi atribut anti huru hara.

"Sebetulnya kemarin juga bisa diantisipasi oleh pihak kemanan. Sekarang lebih diperketat lagi dengan adanya penambahan kekuatan personel lagi. Mereka juga dilengkapi peralatan penaanggulangan huru hara seperti tameng dan lainnya. Kami berharap semua bisa lebih lancar dan terkendali."
• VIVAbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar