Jumat, 09 Desember 2011

2012, Persija Tanpa APBD


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyatakan, dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun 2012, tidak ada dana hibah bagi klub sepakbola yang ada di Jakarta. Ini berarti, mulai tahun 2012, klub-klub sepakbola di Jakarta seperti Persija, Persitara dan lain-lain tidak akan lagi mendapatkan dana hibah dari APBD. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 22 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan APBD.

Dalam Permendagri itu disebutkan, pemerintah daerah dilarang memberikan dana hibah kepada klub sepakbola di daerahnya masing-masing. Dengan begitu, diharapkan, klub-klub sepakbola profesional dapat mencari dana mandiri untuk memenuhi kebutuhan klub.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan mengatakan, dari rapat pembahasan tentang alokasi anggaran dalam Rancangan APBD DKI 2012, kemungkinan besar dana hibah untuk klub sepakbola seperti Persija dan Persitara akan dihapuskan. Ini dilakukan sesuai dengan Permendagri No 22/2011 yang harus ditaati seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

“Untuk Persija dan Persitara, kemungkinan besar dana hibahnya tidak akan disetujui dewan. Memang sulit mengambil keputusan ini. Kasihan juga kalau tidak dibantu. Tapi sudah ada keputusan dari Mendagri kalau klub sepakbola tidak boleh disponsori dana APBD,” ujar Ferrial Sofyan, Kamis (8/12).

Kendati demikian, dikatakan Ferrial, dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta tetap akan dianggarkan dalam APBD DKI 2012. Sebab, KONI DKI merupakan wadah pembinaan seluruh cabang olah raga yang ada di ibu kota.

Terlebih, KONI DKI Jakarta juga ditargetkan menjadi juara umum dalam Pesta Olahraga Nasional (PON) 2012 yang akan berlangsung di Riau. Alokasi dana yang dianggarkan untuk KONI DKI dalam APBD DKI 2012 sebesar Rp 100 miliar.

“Kegiatan untuk membantu dan meningkatkan prestasi olahraga di Jakarta semuanya kita pusatkan ke KONI DKI. Jadi kalau KONI DKI tidak diberikan bantuan dana, bagaimana prestasi olahraga Jakarta bisa meningkat. Apalagi kita punya target menjadi juara umum di PON tahun depan,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar