Selasa, 24 Januari 2012

EL CLASSICO ATAU PERTANDINGAN KLASIK


29/1 mendatang ada pertandingan El Classico antara Persib Bandung vs Persija Jakarta. Dikatakan El Classico karena pertandingan sarat gengsi bahkan sudah terjadi sejak zaman Perserikatan dulu, baik ketika masih bernama VIJ ataupun BIVB hingga sekarang menjadi Persija Jakarta dan Persib Bandung. Dikatakan El Classico karena hubungan kedua supporter y...ang kurang akur. Tetapi apakah El Classico selalu identik dengan hubungan kurang harmonis antar supporter seperti halnya Real Madrid vs Barcelona...???

Tidak juga. El Classico jika diartikan secara bahasa adalah pertandingan klasik, klasik boleh jadi karena sejarah panjang tim yang bersangkutan. Persija Jakarta dan Persib Bandung lepas dari hubungan kedua supporter, kedua klub ini memang memiliki sejarah panjang dalam persepakbolaan Indonesia. Keduanya merupakan pendiri PSSI, bersama dengan klub-klub seperti PSIM Mataram, Persis Solo, Persebaya Surabaya, PSMS Medan, PSM Makasar.

Pertandingan 29/1 mendatang bukanlah satu-satunya El Classico, bahkan El Classico sendiri sudah terjadi ketika TROFEO PERSIJA 27/11/11 lalu ketika Persija Jakarta berhasil mengalahkan PSMS Medan 5-4 melalui drama adu penalty. Di ISL 2011/2012 El Classico sudah terjadi ketika Persib Bandung menundukkan PSMS Medan 1-0. Jadi Persib Bandung vs Persija Jakarta, Minggu (29/1) mendatang adalah El Classico kedua di ISL 2011/2012.

Jika di Divisi Utama PSIM Mataram bertemu dengan Persis Solo, maka bisa dibilang itu juga merupakan El Classico. Jika suatu saat Persija Jakarta berkesempatan untuk menjajal kekuatan PSIM Mataram maupun Persis Solo, berarti pertandingan tersebut juga dikatakan sebagai El Classico. Mengapa...?? Lagi-lagi kembali kepada sejarah panjang keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar