Minggu, 25 September 2011

PSSI Perbolehkan Dua Klub Gunakan Satu Stadion


Federasi sepak bola Indonesia, PSSI memperbolehkan dua klub yang turun di kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011/2012 menggunakan satu stadion guna menjalani pertandingan kompetisi tertinggi di Tanah Air ini.

"Stadionkan tidak meski berada di kotanya (klub berasal). Bisa saja dua klub menggunakan satu stadion yang sama," kata Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin di Jakarta, Kamis.

Pernyataan yang dikatakan oleh Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 itu didasarkan pada beberapa alasan yang salah satu di antaranya adalah pengalaman klub yang bertanding pada LSI musim 2010/2011.

Pada musim kompetisi lalu ada dua klub yang menggunakan satu stadion yaitu PSPS Pekanbaru dengan Semen Padang. Kedua klub ini menggunakan Stadion H. Agus Salim Padang terutama di awal musim kompetisi.

Klub PSPS Pekanbaru menggunakan Stadion H. Agus Salim Padang karena stadion yang selama ini menjadi kandang klub berjuluk Asykar Bertuah yaitu Stadion Kaharudin Nasution direnovasi. Bahkan klub ini juga menggunakan Stadion Taluk Kuanton Kabupaten Kuansing.

"PSPS Pekanbaru saja bisa tetap mengikuti kompetisi. Kami yakin untuk masalah stadion bisa diatasi," katanya Djohar menambahkan.

Stadion merupakan salah satu aspek yang harus dipenuhi oleh klub peserta kompetisi tertinggi di Tanah Air. Aspek lainnya harus dipenuhi klub adalah keuangan, supporting, personal dan legalitas.

Dengan melunaknya PSSI terkait dengan infrastruktur, bisa dipastikan klub-klub yang saat ini berpeluang besar turun di kompetisi LSI musim 2011/2012 tidak bermasalah lagi dengan stadion.

Sebagai contoh klub debutan Persidafon Dafodonsoro. Klub yang berjuluk Gabus Sentani ini selama kompetisi Divisi Utama musim lalu hanya menggunakan Stadion Barbanas Youwe yang belum ada fasilitas lampunya.

Untuk bertanding di kompetisi tertinggi maka dibutuhkan stadion sesuai dengan standart ditetapkan oleh PSSI dan AFC yang salah satunya adalah mempunyai lampu penerangan.

"Stadion kami sebetulnya bagus tapi belum ada lampunya. Kemungkinan besar kami akan menggunakan Stadion Mandala," kata manajer Persidafon Iwan Nazarudin.

Stadion Mandala Jayapura merupakan stadion milik klub saudara tua Persidafon Dafonsoro yaitu Persipura Jayapura. Persipura merupakan juara ISL 2010/2011 dan saat ini masih bertanding di kompetisi Piala AFC.

Selain Persidafon, klub kemungkinan tidak bisa menggunakan stadion yang berada di wilayahnya adalah Deltras Sidoarjo. Stadion Gelora Putra Delta yang selama ini menjadi kandang akan direnovasi. Kemungkinan besar klub ini akan menggunakan Stadion Gajayana yang merupakan kandang klub Persema Malang.

sumber: bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar