Jumat, 21 Oktober 2011

Exco PSSI: Kompetisi PSSI Masih Banyak Kendala

Masih banyak kendala yang harus dihadapi oleh PSSI untuk menyelenggarakan Liga Super, hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Tony Apriliani.

"Memang masih ada sejumlah poin yang belum menemui kata sepakat, demikian pula dengan klub-klub dalam status keanggotaannya. Kami akan membahasnya lagi secepatnya dengan PT Liga Prima Indonesia (LPI)," ujar Tony.

Di antara pokok persoalan yang belum tuntas dan krusial adalah mengenai peserta klub kompetisi dan jumlah klub anggota kompetisi itu sendiri yang hingga kini masih dalam perdebatan antara 18 dan 24 klub.

Selain itu, mengenai jadwal kompetisi juga masih belum jelas, padahal kick off Liga Super menurut rencana dilakukan pada 15 Oktober 2011. Namun, sampai saat ini belum ada jadwal pasti yang telah disusun PT LPI.

Sebelumnya, anggota Komite Eksekutif Bidang Kompetisi Sihar Sitorus menetapkan format kompetisi dibagi menjadi dua wilayah dan diikuti 32 tim dengan mengkombinasikan eks klub Liga Super, Divisi Utama dan klub Liga Primer Indonesia yang dimerger.

Mengingat Statuta yang mengharuskan kompetisi digelar satu wilayah, PSSI kemudian mengubahnya lagi menjadi 18 tim peserta.

Tetapi karena pengurus PSSI merasa berkepentingan membela beberapa mantan klub Liga Primer Indonesia, keputusan berubah lagi menjadi 24 tim sehingga hal ini menimbulkan reaksi penolakan dari sejumlah klub karena memperhitungkan aspek kemampuan dan kondisi kesehatan pemain jika harus bermain 46 kali selama satu musim.

"Sampai sekarang Surat Keputusan (SK) mengenai kompetisi itu belum ada. Exco akan membahasnya lagi dengan CEO PT Liga Prima Indonesia selaku pengelola kompetisi," ujarnya.

Tony mengakui sejumlah klub Liga Super Indonesia memang menyatakan keberatan jika kompetisi level teratas itu harus diikuti oleh 24 klub peserta.

Hal itu mengingat geografis yang tidak sebanding dengan kondisi klub mengingat sebuah tim harus menjalani sebanyak 46 pertandingan dalam satu musim.

sumber: bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar