Sabtu, 01 Oktober 2011

Konflik Persebaya - Persija (Langkah PSSI Selesaikan Dualisme Klub)


PSSI meminta Persebaya Surabaya untuk segera membentuk PT baru yang akan menjalankan roda pengelolaan klub.Keputusan itu diambil dari Rapat Exco PSSI dan dianggap keputusan final demi menyelesaikan sengketa yang terjadi di tubuh klub kesayangan Bonek ini.

Seperti diketahui sebelumnya, terdapat dua pihak yang saling klaim atas kepemilikan Persebaya Surabaya, di antaranya PT Persebaya Indonesia yang merupakan kubu Saleh Mukaddar dan Cholid Goromah yang juga berasal dari klub LPI (Liga Primer Indonesia) Persebaya 1927, sementara pihak yang berlawanan adalah PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) yang merupakan manajemen Persebaya Surabaya versi Divisi Utama musim lalu.

Penyelesaian lewat merger seperti yang dianjurkan PSSI sebelumnya tidak bisa ditempuh dan beberapa langkah penyelesaian lainnya juga tak mampu membuat dua kubu ini menghasilkan keputusan yang positif.

"Akan dibentuk pengelola baru dengan komposisi saham 40 persen milik klub, 30 persen milik Persebaya Indonesia, dan 30 persen milik Persebaya Mitra Muda," terang Sekjen PSSI Tri Goestoro seusai Rapat Exco, Sabtu (1/10/2011) dinihari.

"Terkait legalitas, sementara waktu memakai PT Persebaya Indonesia. Untuk pembentukan badan hukum baru itu diberi waktu 30 hari," lanjutnya.

Tri menambahkan, bila salah satu kubu tak bersedia dan tak menerima hasil keputusan PSSI ini, maka pihak PSSI akan memberikan kepada yang bersedia.

"Apabila ada pihak yang tak bersedia memenuhi keputusan PSSI. Maka pssi akan menunjuk untuk memberikan kesempatan kepada pihak yang bersedia dan PSSI tetap memberikan kesempatan kepada Persebaya untuk ikut dalam kompetisi," paparnya.

Sementara itu, terkait dualisme yang juga terjadi di tubuh Persija Jakarta, menyangkut pengelolaan klub, PSSI menunjuk PT Persija Jaya yang mewakili Persija Jakarta.

"Pada saat rapat tadi, kami menerima dokumen baru yang diantar, bergabungnya PT Persija Jaya yang diwakili Tommy Tobias. Ada juga surat yg diberikan oleh klub anggota Persija," jelas Ketua Komite Kompetisi Sihar Sitorus, Sabtu (1/10/2011) dinihari di Hotel Sahid, Jakarta.

"Dari 3 pihak yang kita ketahui selaman ini mengkalim mewakili persija, dua di antaranya telah bergabung. Jadi, itu bahan pertimbangan Exco," tandasnya.

sumber: bolaindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar