Sabtu, 29 Oktober 2011

FIFA Tak Mau Ikut Campur Internal PSSI


Komplain dari sebagian anggota PSSI yang berbuntut pengaduan pada FIFA dan AFC ditanggapi dingin oleh otoritas tertinggi sepak bola dunia dan regional Asia tersebut.

Sebagaimana diketahui, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, La Nyalla Mattalitti dan beberapa klub peserta Liga Super Indonesia (ISL) pada tanggal 14 Oktober 2011 lalu, sudah melayangkan surat aduan yang mereka tujukan pada FIFA dan AFC.

Dalam surat tersebut, mereka mengungkapkan keberatan atas keputusan Exco PSSI pada tanggal 21 September lalu yang menetapkan peserta kompetisi sebanyak 24 klub di bawah pengelolaan badan baru bernama PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

FIFA membalas surat tersebut melalui email yang dikirimkan kepada Sekjen PSSI, Tri Goestoro tertanggal 25 Oktober. Surat tersebut ditandatangani Sekjen FIFA, Jerome Valcke dan juga Sekjen AFC, Alex Soosay.

Berikut adalah beberapa poin dari isi surat yang dikirimkan kepada PSSI tersebut.

"FIFA dan AFC sepakat masalah ini merupakan masalah internal, dan kami tidak akan melakukan intervensi. Kami menginformasikan kepada Anda, masalah ini bisa diselesaikan melalui arbitrasi sesuai dengan pasal 69 Statuta FIFA, atau melalui kongres PSSI yang merupakan badan tertinggi asosiasi. Untuk diperhatikan, ini merupakan informasi umum, dan tidak berhubungan dengan keputusan-keputusan yang akan diambil di masa mendatang. FIFA dan AFC berharap semua keputusan yang diambil komite eksekutif PSSI tetap sesuai dengan Statuta PSSI. Kami berharap terus mendapat informasi mengenai perkembangan masalah ini," bunyi pernyataan FIFA.

Intinya, FIFA dan AFC menyatakan mereka tidak ikut campur dalam konflik internal yang mendera tubuh PSSI saat ini, dan menyerahkan semua persoalan kepada pihak-pihak yang berwenang di PSSI.

Sekarang kita tinggal berharap konflik internal di tubuh PSSI dapat menemukan jalan keluar terbaik, demi kemajuan persepakbolaan Indonesia.

sumber: bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar